Alat Ini Harus Ada Di Tempat Umum Mengigat Kolapsnya Zhang Zhi Jie Di Yogyakarta

Dokter spisialis jantung mengingatkan pentingnya Automated External Defibrillator atau AED yaitu alat kejut listrik otomatis ditempat umum untuk mengatasi kondisi henti jantung. seperti kondisi yang dialami Zhang Zhi Jie bukan serangan jantung melainkan suddden cardiac death (SDC) atau lebih dikenal dengan henti jantung mendadak, jelas dokter spesialis jantung dr. Furqon Satria Prada. 

Dengan melakukan pertolongan pertama yaitu melakukan pijat jantung paru atau RJP orang yang mengalami henti jantung mendadak tetap bisa diselamatkan dengan pertolongan pertama,yang dikutip "pria4d" situs terpercaya, dan melalui konten instagram dr.furqon mengungkapkan bahwa "Sangat bisa sekali dengan RJP atau pijat jantung yang membantu memompa darah dari luar".



Dan tersedianyaalat AED maka kondisi tersebut akan sangat membantu,khususnya orang yang dengan kondisi aritmia atau gangguan irama jantung yang alami henti jantung mendadak. 

Belajar dari peristiwa tersebut dr.furqon mengingatkan kembali pentingnya di ruang publik termasuk di lokasi pertandingan olahraga menyediakan alat bantu AED,sebagai antisipasi sekaligus mempermudah pertolongan pertama orangdengan kondisi henti jantung mendadak.

"Jika kita masih menganggap nyawa manusia adalah hal yang penting, Sebaiknya AED tersedia di tempat-tempat umum,terutama yang banyak visitornya dan begitu juga disebuah turnamen yang melibatkan fisik,jelas furqon.



Masyarakat juga perlu mengenali tanda dan ciri henti jantung mendadak yang bisa digunakan sebagai tolak ukur pertolongan pertama pasien, sebelum melakukan pertolongan pertama. Gejala utama serangan jantung mendadak yaitu pingsan secara tiba-tiba dan mendadak, kehilangan kesadaran total, tidak bernapas atau apnea, dan tidak ada denyut nadi yang teraba. 

Selain itu penting juga mengenali tanda awal henti jantung mendadak, diantaranya sebagai berikut : pusing atau rasa ringan di kepala, Lemas mendadak, nyeri dada yang terasa seperti tertekan, diremas, atau ditusuk, sesak napas yang tiba-tiba dan parah, jantung berdebar-debar kencang atau palpitasi, dari penelusuran "fitness-fes.com" dari sumber terpecaya.