Bantu Meningkatkan Daya Ingat dan Mencengah Pikun, Konsumsi 3 Jenis Buah Ini

Pria4d-Organ yang memproses informasi dan mengirim pesan yang mengendalikan segala sesuatu atau pusat pengendali tubuh manusia adalah otak, mulai dari pikiran dan emosi hingga memory dan keterampilan motorik.

Di kutip dari sumber terpecaya dan dirangkum oleh "pria4d" Otak akan mengalami perubahan Fisiologis yang dapat mempengaruhi memory, fokus, dan ingatan. Namun pola makan yang tidak sehat adalah salahsatu faktornya. 

Dikutip dari Goodrx dan "fitness-fes.com" dalam menjaga ketajaman ingatan dan menjaga fungsi mental menjaga pola makan yang sehat sangat berperan penting, adapun nutrisi yang dibutuhkan oleh otak untuk befungsi dengan baik diantaranya, Asam lemak omega-3, Vitamin B,E,C dan vitamin K serta selenium, besi dan yang terakhir adalah kolin.



Adapun Nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam sejumlah makanan, termasuk buah, Berikut ini adalah buah yang bisa membantu meningkatkan daya ingat dan mencengah pikun sebagai berikut : 

1.Blueberri 
Buah ini kaya akan Flafonoid, yaitu sejenis bahan senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan (FitoKimia). Penurunan kognitif yang lebih lambat yang dikaitkan Flafonoid yang paling terkenal didalam blueberri dan Flafonoid itu sendiri adalah sejenis bahan senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan (fitokimia). Makan setara dengan satu cangkir blueberri segar sehar dikaitkan dengan peningkatan beberapa tes kognitif pada orang dewasa lebih tua serta asupan mederat, yang didefinisikan sekitar 1/3 cangkir perhari dapat melindungi otak dan mengurangi penyakit kronis lainnya. 

2.Alpukat 
Buah alpukat dikenal sebagai "makanan otak" karena yang terkandung banyak nutrisi. Buah alpukat mengandung nutrisi penting, beberapa diantaranya terkait dengan peningkatan fungsi otak termasuk folat, vitamin E, dan vitamin K. Setengah alpukart menyediakan sekitar : 7 gram serat atau 18 -28 persen kebutuhan harian orang dewasa(tergantung jenis kelamin), 488 gram potasium, atau 14-18 persen kebutuhan harian orang dewasa ( tergantung jenis kelamin), 82 mcg folat atau 21 persen kebutuhan harian orang dewasa, 2 mg vitamnin E atau 13 persen kebutuhan harian orang dewasa) dan yang terakhir 10 g lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik 15-18 persen dari total asupan lemak harian ( berdasarkan diet 2.000 kalori). 

3.Buah Sitrus 
Asupan buah jeruk dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan otak.Sama halnya dengan buah berri, buah sitrus seperti jeruk dan anggur kaya akan Flafonoid antara lain hesperidin, naringin, quercetin, dan rutin. Senyawa ini mungkin memiliki kemampuan untuk meningkatkan pembelajaran dan memori,serta melindungi sel-sel saraf dari cederad sehingga mencengah penurunan kognitif. Dan salahsatu studi menunjukan bahwa minum jus buah jeruk dapat meningkatkan kinerja otak. Studi lain pada 37 orang lanjut usia menemukan bahwa minum 17 ons (500 ml) jua jeruk 100 persen per hari selama 8 minggu secara signifikan meningkatkan fungsi otak keseluruhan.