Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Produk madu dipasaran kerap membuat bingung karena telah banyak beredar madu yang palsu, bagaimana cara untuk memilih madu yang asli dan mana madu yang palsu atau yang sering disebut dengan madu campuran. 

"pria4d" menelusuri dan didapat informasi bahwa madu asli berbeda dengan madu campuran, madu campuran merupakan madu yang dicampur dengan gula dan sirup. Madu asli mengandung vitamin A, B1, B6, C dan K, Sedangkan madu campuran tidak memberikan manfaat kesehatan sebanyak madu asli.



Maka anda perlu ketahui bagaimana cara membedakannya, berikut"1pria4d.com" memberikan beberapa cara untuk membedakan madu yang asli dan madu campuran : 

1.Cek warnanya 

Informasi dari penangkaran lebah madu di Thailand mengunggkapkan bahwa madu asli berwarna gelap dan semua madu akan menjadi hitam atau gelap. 

2. Mengocok Madu 

Jika madu dikocok menggumpal dan tidak bisa dikocok artinya madu itu campuran dan jika madu asli dikocok akan muncul gelumbung udara tipis atau buih diatasnya. Hal itu menunjukan bahwa madu tersebut tidak mengandung zat kimia. 

 3.Menyendok dan Menjatuhkan Madu 

Menyendok Madu dan jatuhkan bila yang campuran akan terputus dan madu yang asli tidak akan putus.

 4.Mengayak dengan air

Taruh madu dipiring kemudian diberi air dan diayak dan jika sudah diayak maka madu asli tidak akan bercampur dengan air dan akan membentuk pola sarang lebah segi enam didasar piring 

5.Tes Noda 

Tes noda dilakukan untuk menilai kemampuan mengalirnya madu. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes madu ke atas kain / kertas isap. Jika madu mengalir melalui kertas tersebut tanpa membasahinya,maka itu madu murni dan jika membasahi kertas tersebut maka itu sudah pasti madu campuran. 

6.Rasa 

Rasa madu akan bertahan lebih lama dibandingakan rasa manisnya serta madu murni mempunyai rasa yang kompleks dengan aroma bunga.Rasa dan manisnya akan dilarutkan dan maninggalkan rasa manisnya setelah itu. 

7. Tes Cuka Campurkan 2-3 tetes cuka kedalam sedikit madu, jika hasilnya berbusa maka itu adalah madu campuran. 

8.Memanaskan Madu 

Caranya dengan mencelupkan kapas ke madu, lalu nyalakan api untuk membakarnya tujuannya adalah untuk menditeksi keberadaan/ air yang terkandung didalam madu tersebut. Jika batang korek api itu mudah terbakar maka itu adalah madu murni dan bila madu campuran maka akan sulit untuk terbakar.