8 Dampak Buruk Pada Kesehatan Bila Minum Kopi Berlebiham

Pria4d-Sebagian orang setiap pagi memulai hari mereka dengan segelas kopi dan manfaat dari minum itu sendiri adalah untuk mencengah kantuk, meningkatkan energi dan fokus, mengontrol berat badan, serta mengurangi resiko kecemasan. 

Akan tetapi, minum kopi juga dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan jika anda mengkonsumsinya lebih dari porsi yang dianjurkan, yang dikutip dari sumber terpercaya dan dirangkum oleh "pria4d" situs terpercaya.



Dan dari sumber berita "Health" dan "1pria4d.com" berikut kesalahan minum kopi yang berdampak buruk pada kesalahan minum kopi pada kesehatan,sebagai berikut : 

1. Minum Kopi 
Terlalu Banyak Mengkonsumsi kopi terlalu banyak atau lebih dari yang disarankan adalah salah satu kesalahah minum kopi dikarenakan hal ini bisa membuat seseorang susah tidur, mengalami penigkatan detak jantung atau jantung berdebar, peningkatan frekuensi urine, dan dehidrasi dan akan membuat seseorang mengalami ketergantungan dan dampak dari itu bila kebutuhan terhadap kopi tidak terpenuhi seseorang akan mengalami sindrom penarikan kafein, seperti sakit kepala,lemas dan masalah kesehatan lainnya. Batas aman mengkonsumsi kafein bagi sebagian orang dewasa sehat yaitu 400 miligram atau setara 4 cangkir kopi namun posrsi tersebut kemungkinan perlu dikurangi jika anda mengonsumsi asupan mengandung kafein pada hari yang sama. 

2. Mengkonsumsi Kopi Saat Perut Kosong 
Biasanya kopi sering diminum di pagi hari untuk menghilangkan rasa kantuk namun melakukan kebiasaan ini saat perut masih kosong alias belum sarapan ternyata sangat tidak dianjurkan dan bila minum kopi saat perut kosong bisa menyebabkan sakit perut, kembung, kenaikan asam lambung, dan diare. 

3. Menambahkan Pemanis Berlebihan 
Kesalahan minum kopi berikut yaitu menambahkan pemanis berlebihan baik itu gula pasir, gula aren, atau krimer. Dengan kondisi ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan mengakibatkan resistensi insulin. 

4. Menyeduh Kopi Dengan Air Yang suhunya Terlalu Panas 
Apabila menyeduh air yang suhunya terlalu panas bisa meningkatkan ke asaman pada kopi. Hal ini memicu masalah pada pencernaan. Sementara itu, menurut penelitian yang diterbitkan NCBI pada 2017, menyeduh kopi dengan air dingin seperti menggunakan metode Cold Brew lebih ramah untuk pencernaan karena dapat meminimalisir bahan kimia dan senyawa dari kopi yang berpotensi menyebabkan sakit perut. 

5. Kurang Air Putih 
Saat anda mengkonsumsi kopi, sebaiknya diselinggi dengan air putih. Pasalnya, kopi bersifat diuretik yang bisa meningkatkan yang meningkatkan produksi urine didalam tubuh. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih, seseorang bersiko mengalami dehidrasi atau keterangan cairan. Gejala dehidrasi setelah minum kopi yaitu timbulnya rasa haus, kelelahan, mulut, bibir, dan lidah kering merasa pusing, limbung, mudah marah, dan denyut jantung cepat. 

6. Salah Memilih Biji Kopi 
Ada beberapa jenis kopi yang populer di Indonesia, yaitu arabika, robusta, leberika, excelsa, dan catimor. Meski begitu, tidak semua orang bisa mengonsumsi semua jenis kopi. Orang yang tidak cocok mengonsumsi jenis kopi tertentu beresiko mengalami kecemasan, sakit kepala, masalah pencernaan, kenaikan asam lambung, dan insomnia.mnegkonsumsi biji kopi yang sudah lama atau menuju tanggal kadarluarsa juga dapat memberi dampak buruk bagi tubuh. 

7. Menambahkan Whipphed Cream atau eskrim 
Menambahkan whipped cream atau eskrim pada kopi dapat memicu kenaikan berat badan. pasalnya, dua bahan ini mengandung kalori kaya lemak. Jika dikonsumsi sesekali mungkin whipped cream dan es kriem tidak memberi efek signifikan pada tubuh.Namun, keduanya bisa langsung menyebabkan dampak buruk pada penderita dan obesitas. 

8. MinumKopi di Sore Hari 
Minum kopi di sore hari atau menjelang malam bisa mengakibatkan sulit tidur,insomnia, dan gangguan cemas, jadi,hindarilah minum kopi diatas jam lima sore agar tetap bisa tidur dengan nyenyak.