Ada 9 Cara Mendiagnosis Angin Duduk Yang Harus Diketahui

Pria4d-Dengan mengetahui cara diagnosis angin duduk sangatlah penting karenas sewaktu-waktu bisa kambuh dan semakin parah setiap kali terjadi. Angin duduk adalah istilah masyarakat umum untuk kondisi medis yang bernama "angina".

Penyebab angin duduk yang utama adalah penyempitan pada pembuluh darah jantung, dikutip dari beberapa sumber terpercaya dan dirangkum oleh "pria4d" situ terpercaya, penyempitan tersebut membuat sebagian jantung tidak mendapatkan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup yang berakibat pasokan darah ke jantung pun menjadi tidak seimbang. 

Dan dengan kondisi seperti ini semakin lama akan merusak otot jantung, yang akhirnya bisa menyebabkan kematian. Dengan memberikan obat yang melonggarka sumbatan tersebut adalah salahsatu cara untuk menolong penderita angin duduk kronis atau kambuh dan harus diingat obat itu harus melalui dianogsis dokter. 

Namun dari kebanyakan kasus yang terjadi adalah penderita angina tidak cepat memeriksakan diri ke dokter sekalipun gejala angin duduk sering dirasakan. Gejala angin duduk yang utama adalah nyeri dada yang terasa ditekan disusul dengan gejala lainmya seperti keringat dingin, perut kembung, ulu hati sersa ditusuk-tusuk, mual. 

Gejala angina yang kambuh bisa membuat penderitanya meninggal dalam waktu 15-30 menit, jika tanpa penanganan medis segera. Jika anda mengalami gejala angina, disarankan tidak melakukan aktifitas apapun dan orang terdekat harus segera membawa anda ke dokter jantung dan ahli kadiovaskuler.



Dikutip dari beberapa sumber terpercaya, dirangkum oleh "fitness-fes.com", berikut beberapa tes yang bisa digunakan untuk mendiagnosis dan mengkonfirmasi angina sebagai berikut : 

1. Elektrokardiogram (EKG) 
Tes cepat dan tanpa rasa sakit ini mengukur aktifitas listrik jantung. EKG dapat menunjukan apakah jantung berdetak terlalu cepat, atau lambat atau tidak samas sekali. 

2. Rotgen 
Dada Dengan melakukan Rotgen di dada yang akan menunjukan kondisi jantung dan paru-paru apa yang menyebabkan gejala nyeri dada terjadi. 

3.Tes Darah 
Enzim jantung tertentu memasuki aliran darah saat otot jantung rusak, seperti akibat seragan jantung. Tes darah dapat membantu menditeksi zat ini. 

4.Tes Stres 
Diagnosis angin duduk lebih muda dilakukan saat jantung bekerja lebih keras. Tes ini biasanya dilakukan dengan berjalan di atas treadmill atau mengendarai sepeda statis, saat kondisi jantung di pantau. 

5. Ekokardiogram 
Ekokardiogram mengggunakan gelombang suara untuk membuat gambar jantung yang sedang bergerak. Gambar-gambar ini dapat menunjukan bagaimana darah mengalir melalui jantung. Ekokardiogram dapat di lakukan selama tes stres. 

6.Tomografi Jantung Terkomputerisasi (CT Scan) 
Ini dapat menunjukan apakah jantung membesar atau artileri jantung menyempit. Tabung Sinar X didalam mesin berputar mengelilingi tubuh dan mengumpulkan gambar jantung dan dada. 

7. Pencitraan Resonansi magnetik (MRI) 
Tes ini mengunakan medan magnet dan gelombang radio untuk membuat jantung lebih detail. Biasanya pasien hanya berbaring di atas meja didalam mesin panjang berbentuk tabung untuk menghasilkan gambar detail dari struktur jantung dan pembuluh darah. 

8. Agiografi koroner 
Ini menggunakkan pencitraan sinar-x untuk memeriksa bagian dalam pembuluh darah jantung. ini bagian dari kelompok umum prosedur yang dikenal sebagai katerisasi jantung. Jika anda didiagnosis mengalami angin duduk itu menjadi tanda bahwa anda harus segera melakukan perunbahan gaya hidup lebih sehat karena itu berpotensi menyelamatkan hidup anda.