Cara Mencengah Ancaman Mpox / Cacar Monyet

Pria4d-Mpox atau monkeypox (cacar monyet) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus cacar monyet, sama dengan virus yang menyebabkan cacar. Penyakit ini merupakan Zoonosis yang penyebaranya dari hewan ke hewan, tetapi saat ini telah terjangkit ke manusia. 

Dari penelusuran "Pria4d" situs terpercaya bahwa, awalnya Mpox berasal dari Afrika dan kini sudah menyebar ke asia tenggara. Dan dari informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengumumkan kasus konfrmasi Mpox dari tahun 2022-2024 tedapat 88 kasus. 

Secara rinci, kasus tersebar di Dki Jakarta sebanyak 59 kasus konfirmasi, Jawa Barat 13 kasus konfirmasi, Banten 9 kasus konfirmasi, Jawa Timur 3 kasus konfirmasi, Daerah Istimewa Yokyakarta 3 kasus konfirmasi, dan kepulauan Riau 1 kasus konfirmasi.



Dengan gejala fisik yang terlihat jika terkena Mpox, yaitu adanya ruam atau lesi di permukaan kulit ( seperti di tangan, wajah, kaki, dada, dan kelamin ) selain itu diikuti demam, lelah, nyeri otot, sakit kepala, dan nyeri tulang. 

Di Indonesia belum ada laporan kasus meninggal pada Mpox di Indonesia. Namun baru-baru ini, Thailand nelaporkan Mpox dengan strain baru yang berpotensi mematikan, Mpox dapat ditularkan pada manusia melalui sentuhan kulit dengan penderita Mpox, melalui seksual, dan melalui droplet saat batuk atau bersin. 

Dan dari data kemenkes saat ini penyebab utama penyebaran Mpox melalui seksual sesamajenis khususnya pada pria sedangkan penularan Mpox dari hewan yaitu terkena cakaran, gigitan, kontak langsung dengan darah atau cairan dari hewan yang terinfeksi virus Mpox. Dan selain itu Mpox juga dapat tertular dari penggunaan barang yang bersamaan dengan penderita Mpox.



Dikutip dari sumber terpercaya dan "1pria4d.com", bahwa Mpox disebabkan oleh virus, oleh karena itu dalam proses pencegahan dan penyembuhannya sangat membutuhkan kekuatan sistem imunitas tubuh, dan berikut ini cara pencegahan penularan Mpox : 

1. Mengonsumsi Makanan Sehat 
Asupan makanan bergizi akan memelihara kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat menjadi kunci kesehatan tubuh, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi vitamin Asupan makanan bergizi akan memelihara kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat menjadi kunci kesehatan tubuh, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi vitamin C, vitamin B, vitamin E, vitamin K, vitamin D, mineral zinc, magnesium, zat besi dan masih banyak lagi, vitamin dan mineral tersebut tidak hanya memberikan dampak pada kesehatan kulit, tetapi juga menjaga tubuh dari penyakit infeksi seperti Mpox. 

2. Olahraga
Olahraga secara rutin terbukti dapat meningkatkan kesehatan tubuh khususnya terhindar dari penyakit infeksi. Selain itu rutin berolahraga dapat memproduksi sel-sel baru idealnya waktu berolahraga 3-4 kali dalam seminggu. 

3. Minum Air Putih 
Cairan merupakan kompos terbanyak bagi tubuh, untuk itu pemenuhan akan cairan sangat penting, dan untuk anjuran minum air putih sebaiknya 1,5-2 liter perhari untuk orang dewasa, Air putih dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga tubuh akan tetap sehat lebih sehat. Jika kecukupan air kurang, maka tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga menyebabkan rasa pusing dan tidak konsentrasi. 

4. TIdur Cukup 
Anjuran untuk tidur perhari yaitu 7-8 jam, waktu tersebut telah terbukti dapat menyehatkan dan meregenerasi sel-sel tubuh. Dampak dari kurang tidur bisa menyebabkan kurang konsentrasi dan mudah terserang penyakit. 

5. Menjaga Kebersihan 
Diri dan Lingkungan Dianjurkan selalu menggunakan antiseptik atau handsanitizer sebelum menyentuh atau menggunakan barang yang sharing dengan orang lain. Selain itu membersihkan diri setelah beraktivitas diluar dan apabila merasa kurang sehat, maka gunakanlah masker saat berbicara dengan orang lain.