Cara Mengatasi Insomnia dan Penyebabnya

Pria4d-Gangguan tidur umum yang membuat seseorang sulit tidur disebut insomnia, insomnia mwnyebabkan seseorang bangun terlalu pagi dan tidak dapat tertidur kembali sehingga mungkin masih merasa lelah saat bangun tidur. 

Dengan seseorang mempunyai penyakit insomnia dapat menguras tingkat energi dan mempengaruhi suasana hati sehingga dapat mempengaruhi kesehatan, perfoma kerja, dan kualitas hidup. Dan dilansir dari Mayo clinik dan dirangkum oleh "pria4d" situs terpercaya, bahwa durasi tidur bervariasi, bisa berbeda-beda tiap orang. Tetapi kebanyakan orang dewasa butuh 7-9 jam tidur perhari.



Beberapa orang mengalami insomnia jangka pendek yang bisa berlangsung berhari-hari atau berminggu-minggu dan insomnia jangka pendek bisa disebabkan stress atau peristiwa yang menyusahkan .

Dalam penelusuran "fitness-fes.com" namun beberapa orang memiliki insomnia jangka panjang yang disebut juga insomnia kronis, dan kondisi ini bisa berlangsung selama 3 bulan dengan gejala sebagai berikut : kesulitan untuk memulai tidur pada malam hari, sering terbangun pada tengah malam atau bangun terlalu pagi, bangun tidur dengan tubuh lelah, disiang hari, sering mengantuk dan kelelahan, cepat marah, depresi, dan cemas, sulit berkonsentrasi, sulit fokus, sulit mengingat, sakit kepala, dan terasa tegang, rasa tertekan pada perut dan usus, kekwatiran akan tidur.



Dan dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab insomnia, ada yang bisa dihindari dan ada yang tidak bisa dihinddari. Bebera penyebab insomnia misalnya stress, jam biologis yang terganggu, pola tidur yang tidak tentu, aktifitas menggunakan lalptop atau nonton tv yang membuat terus menerus menatap layar serta penyebab lain seperti terlalu banyak makan dimalam hari, kecemasan, penyakit kronis, serta kebiasaan mengonsumsi kafein, nikotin, dan alkohol, dan ini beberapa cara untuk memgatasi insomia,sebagai berikut :Meluangkan waktu untuk relaksasi, misalnya mendengarkan musik dengan irama yang lembut, mengonsumsi makanan sehat, menciptakan kamar tidur yang nyaman, menerapkan gaya hidup yang sehat, menghindari konsumsi minuman beralkohol dan kafein, menghindari merokok sebelum tidur, usahkan tidur dan bangun di jam yang sama, selalu berpikir positif.