Misi Candra Wijaya Lahirkan Bibit Pemain di Kejuaraan Bulu Tangkis Ganda 2024

PRIA4D - Legenda bulu tangkis ganda putra Indonesia, Candra Wijaya, kembali menyelenggarakan turnamen bertajuk "12th Yonex-Sunrise Doubles Special Championships 2024".

Kejuaraan bulu tangkis khusus ganda ini akan berlangsung pada 4-7 September 2024 di Hall Daihatsu Yonex-Sunrise Candra Wijaya International Badminton Centre (DYSCWIBC), Jelupang, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

"Saya menggelar ajang ini dengan tujuan untuk semakin memopulerkan nomor ganda. Selain itu juga untuk ikut membantu PP PBSI dengan melakukan pembinaan," ucap Candra Wijaya dalam keterangan pers yang diterima.

"Lewat kejuaraan ini, saya memberikan kesempatan bibit-bibit pemain berbakat di kelompok ganda mengasah dan meningkatkan kemampuan serta menambah jam terbang pengalaman," tutur Candra, peraih emas Olimpiade Sydney 2000 bersama Tony Gunawan ini.

Baca juga : Hasil Korea Open 2024: Chico dan Ester Kalah, Rehan/Lisa ke 16 Besar.

 Kejuaraan khusus ganda ini mempertandingkan nomor boy’s, girl’s, mix’s doubles U15, 17 dan 19. Kemudian, men’s, women’s, mix’s doubles, juga terdapat nomor senior doubles, senior doubles 100+, dan intern doubles.

Kecuali nomor bulu tangkis konvensional tersebut, juga digelar pertandingan nomor three on three gabungan usia 100+ dan 150+. Selain memperebutkan trofi yang didesain unik, menarik, dan berkelas, kejuaraan ini juga memperebutkan total hadiah Rp 235 juta.

Baca juga : Paralimpiade Paris 2024, Boccia Indonesia Optimistis Ukir Prestasi.

"Lewat kejuaraan ini saya ingin ikut memberikan sumbangsih demi menjaga supremasi bulu tangkis sektor ganda Indonesia," ucap Candra.

Kejuaraan khusus ganda ini pertama kali diselenggarakan tahun 2009 dan berlangsung setiap tahun hingga 2019. Diberitakan dari  PRIA4D dalam sebuah media yang bernama diarioesports.com

Hanya, pada 2016, ajang ini sempat tidak terselenggara karena kesulitan mencari arena pertandingan yang representatif setelah GOR Asia-Afrika, Senayan, direnovasi untuk persiapan Asian Games XVIII/2018, sedangkan Hall Daihatsu CWIBC juga tengah dibangun.

Baca juga : Kiper Giorgi Mamardashvili, Rekrutan Pertama Arne Slot di Liverpool.

 Ketika pandemi Covid-19 melanda dunia dan juga Tanah Air, turnamen ini terpaksa harus rehat dan tidak bisa digelar selama tiga tahun, yaitu pada 2020, 2021, dan 2022.

Kini, dengan kondisi kesehatan di masyarakat semakin membaik dan oleh pemerintah sudah dinyatakan sebagai endemi, ajang bergengsi ini bisa terselenggara kembali di tahun ini.

"Sejarah telah membuktikan sektor ganda adalah permainan yang aktraktif dan menarik sehingga banyak diminati dan dinikmati pecintanya," kata Candra.

Baca juga : Jadwal Siaran Langsung Timnas U20 Indonesia Vs Argentina Hari Ini.

"Terbukti pula dari dulu hingga kini Indonesia memiliki ganda-ganda andal dan melegenda. Tak hanya di ganda putra, tetapi juga di ganda putri dan ganda campuran. Belakangan ini, sektor ganda terus menjadi penyelamat Indonesia di berbagai kejuaraan internasional, termasuk di All England, Kejuaraan Dunia, Asian Games, bahkan di Olimpiade," tambah Candra.

Sementara itu, perwakilan Yonex di Indonesia, Barry Tamba, mengatakan, dukungan yang diberikan Yonex pada turnamen ini merupakan komitmen yang kuat pada olahraga bulu tangkis pada level apa pun, terutama di Tanah Air.

Selain itu, pembinaan usia dini menjadi komitmen dan konsistensi Yonex untuk memberikan kontribusi positif kepada bulu tangkis Indonesia dalam menelurkan pemain-pemain muda masa depan.

“Kami sangat mendukung kegiatan Candra karena pembinaan usia dini juga menjadi perhatian utama bagi Yonex. Kami ingin memberikan kontribusi kepada dunia dengan teknologi inovatif dalam bermain bulu tangkis di level mana pun," kata Barry.