3 Faktor Tumbuh Uban

Pria4d-Seiring bertambahnya usia, tumbuh uban adalah hal yang wajar atau normal, namun uban juga bisa muncul di usia muda dikarenakan kekurangan vitamin tertentu. 

Dari pantauan "pria4d",bahkan pada umur 20 an bisa terjadi dikarenakan kekurangan vitamin B12, vitamin D dan vitamin E. Uban muncul karena produks malanin dalam tubuh berkurang.





kondisi ini mengakibatkan folikel rambut kehilangan pigmen, rambut beruban jgua bisa terjadi akibat kekurangan vitamin tertentu, yaitu: 1. Vitamin B12 Kurang vitamin B12 bisa mengakibatkan tumbuh ubah di usia muda, vitamin B12 atau kobalamin adalah nutrisi esensial yang berperan dalan fungsi sel dari sintesis DNA, yang dikutip dari laman RS Ciputra dan dirangkum oleh "1pria4d.com" , Vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah yang sehat serta membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk sel-sel rambut. 

Akibatnya, sel-sel remabut beresiko mengalami kerusakan dan lebih rentan terhadap perubahan warna. Produksi pigmen rambut pun menjadi tidak seimbang dan akhirnya tumbuh uban di usia muda. Dan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 dengan mengonsumsi daging sapi, hati ayam atau hati sapi, ikan Tuna, Sarden, Salmon, telur, dan sayuran hijau seperti bayamr. 2.Vitamin D Selain vitamin B12 kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan rambut beruban sebelum waktunya. 

Asupan vitamin D yang tidak sesuai dapat mempengarui pigmentasi rambut jika rambu dibiarkan kehilangan pigmennya, makan akan berubah menjadi abu-abu atau putih, untuk memenuhi asupan vitamin D, anda rutin berjemur dibawah sinar matahari pagi dan konsumsi makanan laut,kuning telur, kedelai, dan suplemen sesuai anjuran dokter. 3. 

Vitamin E Kaya akan antioksidan yang dapat menutrisi rambut serta kulit kepala dan asupan vitamin E yang cukup juga dapat melindungi rambut deri kerusakan akibat paparan radikal bebas sehigga mencengah hingga terjadinya kerontokan dan tumbuh uban. 

Karena individu yang kekurangan vitamin E beresiko beruban, meski usianya masih muda. Vitamin E sendiri banyak terkandung pada buah-buahan,biji-bijian, minyak nabati dan sayuran hijau.



Penyebab munculnya uban pada usia muda selain kekurangn vitamin yaitu sebagai berikut : 

-Dengan keturunan atau juga disebut Genetik seseorang dengan orang tua yang beruban di usia muda,beresiko mengalahkan hal yang sama. 
-Stres juga salah satunya, saat kita stres tubuh menghasilkan hormon kortisol berlebihan yang mengakibatkan ketidakseimbangan produksi melanin  pigmen rambut serta paparan matahari dalam waktu lama. 
-Gangguan kelenjar tiroid, menyebabkan penurunan produksi melanin. -kondisi kesehatan atau penyakit, seperti gangguan tiroid, autoimun, dan kanker. 

Setelah menyimak ulasan mengenai tumbuh uban kurang vitamin apa dan penyebab lainnya, anda dapat meminimalisir resiko tersebut sehingga dapat memiliki rambut hitam berkilau.