Tarian Kangguru di Olympiade Paris 2024 ,Viral

Pria4d-Rachael Gun alias Raygun, yang sempat viral tarian kangguru di olympiade Paris 2024 kemudian mendapat nilai nol, kini menduduki peringkat 1 dunia pada september 2024. Atlet berusia 37 tahun tersebut bercokol di posisi teratas dalam peringkat atlet breakdance perempuan yang dirilis World Dance Sport Federation (WDSF). 

Dari pantauan "pria4d" yang dilansir dari WDSF, Raygun mengunguli atlet breakdance adal jepang Riko yang menempati posisi kedua, sementara posisi ketiga diduduki oleh Stefani asal Ukraina, Keempat oleh Holy Molly asal Australia, dan kelima oleh Hannah asal Australia. Dikutip dari The Guardian dan "vodafonemail.net", WDSF menjelaskan mengapa bisa Raygun yang mendapat nilai nol ketika olympiade Paris 2024 menduduki posisi teratas. 

WDSF mengatakan, dalam metodologi pemeringkatan didasarkan pada empat penampilan teratas setiap atlet dalam 12 bulan terakhir. Dan dalam penilaian tidak termasuk acara olympiade termasuk Paris Games dan rangkaian acara kualifikasi Olympiade di Shanghai dan Budapest. Olympiade untuk memungkinkan para atlet fokus pada kualifikasi. 

WDSF menjelaskan,kondisi yang tidak biasa pada jadwal kompetisi tahun ini mengakibatkan banyak atlet diberi peringkat berdasarkan satu event, dalam kasus Raygun,ia mampu finish diperingkat pertama dan kejuaraan kotinental Oseania ketika oktober 2023 hingga menghasilkan 1.000 poin.



Pemeringkatan yang dirilis WDSF mendapat kritikan dari wakil President Breaking For Gold USA, Zack Slusser, menilai WDSF belum mampu menyelenggarakan acara berdasarkan penilaian yang akan berkontribusi dalam menciptakan peringkat dunia secara akurat. 

Atlet breakdance hanya tampil di acara yang diselenggarakan oleh WDSF untuk mendapatkan poin yang cukup agat lolos ke olympiade Paris 2024. Sedangkan atlet breakdance tidak mempunyai insentif, bahkan tidak ada keinginan untuk terus berpartisipasi dengan WDSF setelah itu. Dikarenakan itu bukan acara budaya.itu tidak menyenangkan,"ucapnya. Dengan menanggapi protes yang terkait posisi Raygun di peringkat 1, WDFS mengatakan, ranking bisa berubah ketika ada event selanjutnya. Hal tersebut dimulai dengan breaking for Gold World Series yang digelar di Shanghai, China pada Oktober 2024. 

Dilansir dari CNN, Raygun adalah atlet breakdance asal australia yang tiba-tiba melejit di media sosial setelah menampilkan beberapa gerakan yang dinilai tidak lazim ketika olympiade Paris 2024. Dalam video yang beredar di X, ia memperagakan lompatan kangguru. roll ke belakang, dan berbagai gerakan memutar tubuhnya sambil berbaring atau merangkak dilantai. 

Setelah menampilkan tarian yang tidak biasa, dewan juri memberikan nilai nol kepada Raygun, Raygun yang sehari-hari bekerja sebagai dosen disebuah unversitas di Australia menyadari bahwa dirinya menjadi sasaran kritik akibat penampilannya di olympiade Paris 2024. 

Ia kemudian menyampaikan permintaan maaf dan mengaku menyesal. "Saya tau bahwa saya dikalahkan, dan saya tau bahwa orang-orang tidak akan memahami gaya saya dan apa yang akan saya lakukan," ujar Raygun dalam acara berita terkini Australia, the project." Peluang tidak berpihak kepada saya,itu sudah pasti. Saya lebih suka fokus pada hal-hal positif dari hal ini, dan tanggapan pasitif serta kegembiraan yang saya berikan kepada orang-orang,"tambahnya.