Aktifitas FIsik Yang Tingkatkan Peluang Hidup Panjang Umur

Pria4d-Apakah Anda suka naik tangga daripada menggunakan lift? Pilihan Anda itu mungkin bisa membantu meningkatkan peluang hidup Anda panjang umur. Jika Anda tidak biasa, mungkin Anda bisa melakukan secara bertahap. Dikutip dari Ordinary Wellbeing dan "fitness-fes.com", penelitian menemukan bahwa orang rutin naik tangga memiliki peluang untuk hidup panjang umur karena lebih kecil risiko untuk meninggal karena penyakit jantung maupun sebab apa quip. 

Penelitian tersebut dipublikasikan di ESC Preventive Cardiology 2024.Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa naik tangga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 39 persen dan penurunan risiko kematian akibat penyebab apa quip sebesar 24 persen. Menaiki tangga dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. 

Menggabungkan aktivitas fisik ini dengan penerapan gaya hidup sehat secara keseluruhan dapat memberikan perlindungan kesehatan kepada Anda secara optimal.Gaya hidup sehat lainnya bisa meliputi makan teratur dengan gizi seimbang, olahraga rutin, tidur cukup dan berkualitas, serta tidak merokok. 

Hasil tersebut didapat dengan para peneliti melakukan meta-analisis dari sembilan penelitian yang melibatkan lebih dari 480.000 pasien. Lalu, mereka mengumpulkan bukti terbaik yang tersedia. Para partisipan penelitian itu terdiri dari pasien sehat dan orang dengan riwayat serangan jantung atau penyakit arteri perifer. Usia mereka berkisar antara 35-48 tahun.



Para ahli mengatakan bahwa temuan studi tersebut konsisten dengan studi sebelumnya, yang menunjukkan bahwa naik tangga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Dikutip dari American Relationship of Resigned People (AARP) dan dirangkum oleh "pria4d" situs terpercaya, Tamara Horwich, seorang kardiolog dan profesor klinis ilmu kesehatan kedokteran dan kardiologi di David Geffen Institute of Medication di UCLA mengatakan bahwa manfaat naik tangga ini terkait dengan kerja jantung dan otot. 

Ketika Anda naik tangga, jantung dan otot akan bekerja lebih keras. Menaiki tangga secara terus-menerus dianggap sebagai olahraga sedang hingga berat, yang bisa membakat kalori hingga 10 kali lebih banyak daripada duduk saja. Artinya, aktivitas fisik tersebut meningkatkan kebugaran kardiorespirasi Anda seperti bentuk olahraga intensitas tinggi.Kardiorespirasi adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang intens dan berkesinambungan dengan melibatkan sekelompok otot besar, seperti yang dikutip dari jurnal Universitas Diponegoro (Undip). 

Aktivitas fisik itu dapat membantu membangun massa otot, mengurangi massa lemak, menurunkan risiko osteoporosis, dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Perlu diketahui bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merekomendasikan kita untuk melakukan aktivitas fisik 3-5 kali for every minggu dengan waktu withering sedikit 150 menit per minggu. Selain naik tangga, aktivitas fisik lain yang bisa Anda lakukan meliputi berjalan kaki, menyapu, berkebun, mengepel, membersihkan rumah, mencuci, menyetrika, bermain dengan anak di luar ruangan, dan lain sebagainya.


Komentar