Menatap Layar Komputer Berjam-jam Dapat Menganggu Kesehatan Mata

Pria4d-Apakah Anda memiliki kebiasaan menatap layar komputer berjam-jam? Di zaman present day yang mengandalkan perangkat komputer, semakin banyak orang harus menatap layar komputer berjam-jam. Seiring waktu kebiasaan itu dilakukan, mungkin Anda akan mengalami gangguan kesehatan mata dan bahkan sakit kepala. 

Jika Anda mengalami gejala tersebut, Anda mengalami kondisi yang disebut sebagai PC vision condition, penelusuran "pria4d" situs terpercaya. Baca terus artikel ini yang akan mengulas mengenai kondisi akibat menatap layar komputer berjam-jam tersebut.Apa itu PC vision disorder? Mengutip Cleveland Facility dan "fitness-fes.com", PC vision condition adalah jenis ketegangan mata yangterjadi akibat menatap layar komputer, cell phone, atau perangkat computerized lainnya, selama berjam-jam. Sindrom ini semakin umum terjadi di seluruh dunia. 

Selama pandemi Coronavirus, sindrom ini mengalami lonjakan hingga 78 persen. Jika Anda mengalami sindrom ini, Anda bisa mengalami sekelompok gejala yang mengganggu kesehatan mata maupun lainnya, meliputi berikut: Ketidaknyamanan pada mata, bisa karena mata kering, berair, gatak, terasa terbakar, atau seperti ada yang mengganjal Penglihatan kabur yang datang dan pergi, seperti Anda mungkin menjadi sulit memfokuskan kembali mata dari pandangan dekat ke jauh.



Atau sebaliknya Sensitif terhadap cahaya terang Mata lelah sampai kesulitan menjaga mata tetap terbuka Sakit kepala di belakang mata Tegang di leher, bahu, dan punggung.Gejala tersebut muncul sementara, sehingga sindrom ini termasuk tidak serius, tetapi membuat tidak nyaman untuk beraktivitas ordinary. 

Namun, ada cara untuk mencegah dan mengatasinya yaitu dengan aturan 20-20-20.Apa itu aturan 20-20-20? Merujuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, aturan 20-20-20 adalah sebuah teknik sederhana yang sangat efektif untuk mengurangi gejala akibat menatap layar komputer berjam-jam. 

Aturan ini menganjurkan Anda untuk melakukan berikut: Setiap 20 menit, beristirahat sejenak dari menatap layar komputer atau perangkat advanced lainnya; Memandang objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), untuk mengalihkan pandangan mata ke objek yang jauh; Melakukan selama 20 detik. Setelah itu, bisa kembali melanjutkan aktiivtas di depan layar. 

Anda yang memiliki kebiasaan menatap layar komputer berjam-jam harus segera menerapkan ini agar ketidaknyamanan karena PC vision condition tidak berkepanjangan. Ketika Anda terus-menerus menatap layar device, otot mata Anda akan bekerja keras untuk memfokuskan pandangan pada jarak dekat. Hal ini menyebabkan mata menjadi tegang dan lelah. Melakukan aturan 20-20-20 memberikan mata kesempatan waktu relaks dengan memandang objek yang jauh.

Komentar